gejala diabetes melitus

penyakit diabetesGejala diabetes – Sebelum saya membahas mengenai obat diabetes dan gejala penyakit diabetes,alangkah baiknya kalu saya awali dengan membahas definisi dari penyakit diabetes agar anda lebih mudah dalam memahami penjelasan yang saya tuils.

Penyakit diabetes mempunyai nama lain penyakit kencing manis atau gula darah merupakan salah satu penyakit yang masuk dalam daftar penyakit berat, penyakit ini biasanya muncul karena atau disebabkan krang terkontrolnya kadar gula dalam tubuh manusia, diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun anda harus mengontrol kadar gula agar tidak terserang diabetes.

Penyebab diabetes – Diabetes sendiri dapat menyerang anda dikarenakan kurangnya zat insulin,insulin adalah zat yang dihasilkan dari pancreas yang fungsinya untuk mengolah zat gula darah atau glukosa sehingga menjadi energi. Jangan berfikir hal tersebut dapat digantikan dengan makanan, karena hal tersebut sangatlah salah dan tidak berpengaruh sama sekali. Hal tersebut dikarenakan pancreas tetap membutuhkan gula murni untuk menghasilkan insulin.

Bagi anda yang belum terkena penyakit diabetes,alangkah baiknya bila anda mengenali penyakit diabetes sejak sekarang agar terhindar dari penyakit diabetes. Karena bila anda sudah terlanjur terkena diabetes, maka penyakit ini tidak akan pernah bisa sembuh namun hanya bisa dikontrol. Melakukan pemeriksaan kadar gula secara berkala merupakan salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah kadar gula dalam tubuh masih normal atau tidak.

Tanda – tanda yang paling mudah anda kenali bila terkena diabetes adalah calon pasien diabetes atau gula darah akan mengalami buang air kecil terlalu sering, sering sekali merasa haus dan badan yang rasanya lemas serta mudah sekali mengantuk. Agar lebih jelasnya, akan saya berikan gejala diabetes yang lebih rinci lagi.

GEJALA DIABETES MELITUS

Gejala diabetes yang akan saya bahas merupakan gejala diabetes pada anak – anak serta gejala penyakit diabetes pada orang dewasa. Penjelasan kali ini akan saya awali dengan gejala diabetes pada ank – anak.

  1. Sering Buang Air Kecil

Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Anak jadi lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar. Mengompol juga bisa menjadi gejala adanya diabetes, terutama jika sebelumnya anak tak pernah mengompol.

  1. Sering Haus dan Banyak Minum

Karena banyak cairan yang dikeluarkan, anak menjadi gampang haus.

  1. Berat Badan Menurun Tubuh tidak lagi bisa memproses

glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik.

  1. Mudah lelah Anak tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.

DIABETES TAHAP LANJUT

Diatas tadi telah saya jelaskan mengenai gejala diabetes yang menyarang anak – anak, kali ini saya akan menjelaskan mengenai gejala penyakit diabetes yang menyerang usia remaja hingga orang dewasa. Dengan mengenali tanda ini, penyakit diabetes yang akan menyerang sudah bisa dicegah terlebih dahulu.

  1. Berat badan turun dengan cepat

Bagi penyandang penyakit diabetes, jangan senang dulu jika berat badan Anda turun dengan cepat. Ini bukan diakibatkan karena diet yang sukses, namun lebih disebabkan karena pankreas mulai rusak. Pankreas memiliki tugas memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa menjadi sumber energi. Karena pankreas pada penderita diabetes gagal mengolah gula menjadi energi, maka terjadilah resistensi insulin. Tubuh kemudian akan mencari sumber energi alternatif dengan membakar cadangan lemak dalam tubuh. Jika cadangan lemak habis, maka sasaran selanjutnya adalah otot. Akibatnya bobot tubuh akan terus menyusut.

  1. Sering Kesemutan

gejala ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak, sehingga darah yang mengalir di ujung–ujung saraf pun berkurang.

  1. Luka yang sulit sembuh

Ini adalah efek lain dari kerusakan pembuluh darah dan saraf selain kesemutan. Kerusakan ini mengakibatkan penderita diabetes tidak merasakan sakit jika mengalami luka. Mereka bahkan kadang tidak sadar telah terluka. Gabungan kadar gula darah yang tinggi dan tidak adanya rasa nyeri, maka luka yang awalnya kecil dapat membesar menjadi borok dan bahkan membusuk. Jika sudah sampai tahap ini, amputasi merupakan satu-satunya jalan keluar atau solusi untuk menyembuhkannya.
ARTIKEL LAINYA :

obat hernia

pemutih badan

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s