Menghilangkan Bau Mulut

Image

Menghilangkan Bau Mulut – Di saat berbicara atau pun sedang bercanda tertawa dengan lawan bicara seperti teman, rekan kerja, maupun pacar, terkadang terganggu dengan munculnya aroma tidak sedap dari mulut kita yaitu aroma bau mulut. Rajin menggosok gigi masih saja mulut kita ini terkadang mengeluarkan aroma yang tidak enak.

Penyebab bau mulut  antara lain sebagai berikut :

  1. Sariawan
    Ketika anda sedang mengalami sariawan biasanya terjadi infeksi di mulut dan akan menyebabkan nanah yang bisa berbau tidak sedap di mulut.
  2. Melewatkan sarapan pagi
    Manfaat sarapan pagi selain  sebagai pemberi asupan energi untuk tubuh, ternyata dengan sarapan pagi dapat mengurangi bau mulut anda, jadi usahakan lah untuk setiap harinya untuk sarapan, jika tidak produksi air liur  dalam mulut akan menjadi sedikit dan masalah bau mulut tak terhindari.
  3. Bakteri pembusuk
    Bakteri yang tersembunyi di rongga mulut adalah salah satu penyebab terjadinya bau mulut, bakteri ini lah yang membusukkan sisa-sisa makanan yang terdapat disela-sela gigi.
  4. Merokok
    Selain menyebabkan penyakit yang berbahaya, rokok juga menyebabkan terjadinya bau mulut.
  5. Masalah hati
    Apabila organ hati bermasalah tentu saja berpengaruh pada bau mulut, karena hati memiliki peran dalam metabolisme lemak, jika hati tidak melakukan tugas tersebut, maka jumlah bakteri yang ada di mulut meningkat.
  6. Alkohol
    Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan akan mengeringkan kelenjar ludah, air liur yang berperan dalam menghilangkan bau mulut dari bakteri menjadi tidak berfungsi, jadi hindarilah alkohol.
  7. Pendarahan gusi
    Jika anda salah satu orang yang menderita gusi berdarah, hal ini perlu di perhatikan. Bekas gusi berdarah kadang menumpuk di mulut, hal ini lah yang akan menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.

Cara menghilangkan bau mulut :

  1. Rajin menggosok gigi
    Rajin menggosok gigi adalah cara dasar untuk menghilangkan bau mulut, menggosok gigi dua kali dalam sehari di waktu pagi hari dan sebelum tidur.
  2. Mengkonsumsi buah-buahan
    Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka air liur dalam mulut akan meningkat dikarenakan buah-buahan banyak mengandung Vitamin C. Contoh buah-buahan yang dapat menghilangkan bau mulut : buah apel, pear, jambu, lemon dan masih banyak lagi.
  3. Mengunyah permen karet
    Cara lain menghilangkan bau mulut adalah dengan mengunyah permen karet ketika anda merasa mulut anda terasa bau.
  4. Air putih
    Imun tubuh dapat dijaga dengan meminum air putih secara teratur. Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih maka akan menjaga tetap adanya cairan pada mulut. Hal ini diperlukan untuk menghindari terjadinya bau mulut.
  5. Hindari Alkohol dan mengurangi makanan manis
    Alkohol merupakan salah satu penyebab terjadinya bau mulut, jadi hindarilah. Mengurangi makanan manis juga perlu dilakukan untuk mencegah gigi berlubang yang dapat berdampak pada terjadinya bau mulut.
  6. Keju
    Memperbanyak konsumsi keju ternyata juga disarankan dalam dunia medis untuk mencegah terjadinya bau mulut. Ternyata kandungan kalsium, fosfat, karbohidrat berguna dalam memerangi bakteri yang ada di mulut.
  7. Melakukan pemeriksaan rutin
    Periksa ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali guna melakukan pembersihan karang gigi yang juga dapat menimbulkan masalah bau mulut.

Itulah tips menghilangkan bau mulut bagi anda yang mempunyai masalah bau mulut, selamat mencoba 🙂

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s