Mengatasi Nyeri Haid

imagesMengatasi Nyeri Haid ā€“ Menstruasi atau haid merupakan perubahan fisiologis di dalam tubuh seorang wanita, yang terjadi secara berkala dan sangat di pengaruhi oleh hormon reproduksi. Mungkin anda (seorang wanita) sering mengalami atau merasakan nyeri haid? Jangan khawatir ya, karena hal itu merupakan gejala normal dari serangkaian Premanstrual Syndrome (PMS) . Ada dua kategori nyeri haid yaitu :

1. Nyeri Primer
Nyeri yang tidak berhubungan dengan kelainan petologis yang berasal dari panggul dan organ didalamnya, dan nyeri haid ini dapat terjadi 2 sampai 3 tahun setelah haid pertama dan mencapai klimaksnya saat seorang wanita mencapai usia 15 hingga 25 tahun, kemudian nyeri haid ini akan menurun intensitasnya seiring dengan bertambahnya usia dan dapat menhilang ketika seorang wanita melahirkan secara normal.
2. Nyeri Sekunder

Penyebab nyeri haid adalah zat ini di produksi oleh tubuh dan ditemukan dalam lapisan rahim ketika menstruasi dimulai, zat ini lah yang dapat merangsang kontraksi untuk melepaskan rahim, yang berakibat terjadinya kram perut, zat ini pula yang menyebabkan darah haid lebih mudah keluar karena zat tersebut menyebabkan system peredaran darah pembuluh arteri dan vena mengembang. Hal ini juga mengakibatkan tekanan darah menurun sehingga badan akan terasa lemas dan pusing di kepala

Gejala mentruasi antara lain:
1. Sakit kepala (pusing)
2. Perut mulas
3. Gatal pada kulit
4. Emosi yang cepat meningkat
5. Keputihan
6. Radang vagina
7. Munculnya jerawat pada wajah
8. Payudara terasa nyeri
9. Dan tubuh mudah terasa lemas

Cara mengatasi nyeri haid, anda dapat melakukan hal-hal berikut :
1. Mengatasi nyeri haid menggunakan kunyit
Kunyit asam selain dapat membuat tubuh menjadi lebih segar jika kita rutin mengkonsumsi minuman yang mengandung vitamin ini. Untuk membuat jamu kunyit asam ini cukuplah mudah, siapka beberapa ruas kunyit, jahe dan kencur, kemudian parut dan peras ambil sarinya saja dan setlah itu rebus lah dengan mencampurkan asam jawa dan gula merah. Jika menginginkan hasil yang maksimal konsumsilah minuman ini sebelum anda datang bulan, ketika datang bulan dan setalah datang bulan, karena minuman ini terbukti dapat menghilangkan nyeri saat anda menstruasi.
2. Konsumsi makanan sehat
Konsumsilah makanan yang mengandung magnesium, kalsium, Vitamin E, Vitamin D, serta Omega 3. Tidak lupa pula konsumsilah buah dan sayur beraneka warna, ikan, dan makanan yang mengandung protein nabati.
3. Pijatan lembut
Pijat lah secara ringan pada area bawah perut dan tulang pinggang, karena cara ini juga dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.
4. Berbaring
Cobalah berbaring di sofa atau pun tempat tidur untuk mengurangi rasa nyeri haid, untuk menyangga lutut gunakan lah bantal. Lakukan lah sampai terasa nyaman.
5. Kompres perut
Anda dapat melakukan kompres perut dengan menggunakan bantalan pemanas, selain itu anda juga bisa melakukan berendam di air hangat sebagai relaksasi untuk mengatasi nyeri haid.
6. Olah raga ringan
Anda juga dapat mengurangi rasa nyeri haid dengan melakukan olah raga ringan berjalan kaki, karena dengan berjalan kaki membuat otot kita bergerak sehingga dapat meningkatkan denyut jantung kita. Selain berjalan kaki jogging juga dapat mengurangi rasa nyeri haid, kerena dengan jogging dapat memperlancar peredaran darah.
7. Konsultasi ke dokter
Disarankan untuk anda berkonsultasi ke dokter, karena dapat membantu anda untuk mengatahui lebih dalam tentang nyeri haid sehingga anda dapat melakukan penanganan yang tepat setelah mendapat penjelasan dan pengarahan dari hasil konsultasi ke dokter.

Itulah tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah nyeri haid, selamat mencoba šŸ™‚

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s