Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Image

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Daya tahan tubuh merupakan suatu tolak ukur atau kemampuan seorang manusia untuk mempertahankan serta melindungi tubuh agar tetap fit (sehat).  Daya tahan tubuh identik sekali dengan sistem imun. Daya tahan tubuh yang tinggi akan meingkatkan kinerja dan menghalau serangan berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia, begitu juga sebaliknya. Kesibukan sehari-hari serta perubahan cuaca yang tidak menentu salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia.

Jika daya tahan tubuh seseorang itu lemah maka akan lebih mudah terserang penyakit. Kondisi tubuh yang sehat adalah keinginan setiap manusia, namun pada kenyataannya manusia akan tetap mengalami yang namanya sakit,walaupun begitu manusia harus lah tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Sehat itu mahal harganya akan tetapi akan lebih mahal lagi jika anda mengalami sakit yang mengahruskan anda memeriksakan diri ke rumah sakit serta membeli obat. Dampak sakit selain harus mengeluarkan uang juga menyita waktu yang mengganngu aktivitas manusia.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh sangatlah mudah, tergantung dari pola hidup manusia sehari-harinya, sehingga bisa dipastikan bila pola hidup seorang manusia itu buruk akan sangat berpengaruh sekali dengan timbulnya masalah kesehatan. Agar daya tahan tubuh tidak menurun perlulah berolah raga serta mengkonsumsi makanan sehat bervitamin. Jika anda adalah seseorang yang padat aktivitas tak sempat berolah raga, anda bisa melakukan tips berikut :

  1. Cukupkan lah waktu istirahat anda – Pastikan tidur malam anda 7 sampai dengan 8 jam, meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup adalah salah satu faktor  penting dalam menjaga daya tahan tubuh manusia, karena didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat pula. Berusahalah selalu untuk berfikiran positif walaupun anda sedang dilanda berbagai masalah.
  2. Beraktivitas yang ringan – Aktivitas fisik juga sangat membantu menjaga daya tahan tubuh, olah raga salah satunya. Olah raga sendiri mempunyai maksud dalam mempertahankan kondisi tubuh agar tetap sehat. Seseorang yang melakukan olah raga 5 hari dalam seminggu lebih kebal dari serangan penyakit flu dan pilek.
  3. Jangan lah makan secara berlebihan  – Makan yang berlebih akan membuat tubuh anda mengalami kegemukan, nah kegemuakn itulah yang akan meningkatkan resiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan kegemukan.
  4. Makan lah makanan yang mengandung serat – Setiap harinya tubuh juga memerlukan serat dari asupan makanan yang dikonsumsi manusia, konsumsilah makanan yang berserat contohnya apel, kacang-kacangan, wortel dan lain sebagainya. Serat ini berfungsi menjaga daya tahan tubuh dari serangan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.
  5. Konsumsi Vitamin C – Vitamin C membantu menghasilkan komponen yang lebih alami untuk membunuh kuman penyakit. Vitamin C bisa anda dapatkan pada buah jeruk dan buah strawberry serta paprika.
  6. Konsumsi Vitamin D- Vitamin D bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi susu, iakn salmon, sereal dan telur. Karena jika mengalami kekurangan Vitamin D dapat mengurangi sistem imun pada tubuh manusia.
  7. Konsumsi zat besi – Zat besi membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia, serta dapat melawan sel kanker. Zat besi bisa anda dapatkan degan mengkonsumsi kepiting, daging unggas, kerang, kacang mete atau pun kacang-kacangan yang lain, serta yoghurt.
  8. Konsumsi ikan – Asam lemak esensial omega 3 yang terdapat pada ikan berfungsi menigkatkan daya tahan tubuh secara alami. Suplemen ikan salah satu alternatif jika anda seorang vegetarian.
  9. Konsumsi buah dan sayuran – Nutrisi yang terkandung pada buah-buahan dan sayuran berfungsi meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia.
  10. Konsumsi biji-bijian – Gandum, beras coklat, barley serta bentuk serupa lainnya dari gandum mengandung kaya nutrisi seperti protein, serat serta antioksidan yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh.
  11. Konsumsi kacang-kacangan – Kandungan Vitamin E pada kacang-kacangan mampi menigkatkan respon kekebalan tubuh manusia serta bermanfaat bagi jantung yang sehat.
  12. Mengatasi stress – Stess yang hebat berdampak mengurangi sel pembunuh yang alami dan membuat sistem imun tubuh menurun. Lakukanlah kegiatan lain untuk menurunkan tingkat stress anda, contohnya bisa dengan cara refreshing (berlibur) ke tempat yang menurut anda sangat nyaman dan indah.

Itulah beberapa cara untuk menigkatkan daya tahan tubuh manusia. Sekian tipsnya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba yaaaa 🙂
Mari hidup dengan sehat 🙂

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s