Mengatasi Insomnia

imagesMengatasi insomnia – Tidur merupakan keadaan manusia sedang beristirahat dari segala kegiatannya, tidur pula sangat berpengaruh penting bagi kesehatan manusia. Keadaan tidur yang normal biasanya fungsi saraf motorik dan saraf sensorik untuk kegiatan memerlukan adanya suatu koordinasi dengan sistem saraf pusat manusia akan diblokade, sehingga pada saat keadaan manusia sedang tidur cenderung untuk tidak banyak gerak dan daya tanggap manusia sangat berkurang.

Terdapat banyak manusia di bumi ini tang mengalami betapa susahnya untuk tidur, apakah anda salah satunya?. Kesulitan tidur disebut juga dengan insomnia. Insomnia adalah kesilitan atau kesularan untuk memulai tidur dan mempertahankan jam tidurnya seorang manusia. Kesulitan tidur biasanya disebabkan mekanisme tidur dan gangguan di dalam waktu, dan penyebab lain pula disebabkan oleh pola atau pun perilaku yang tidak sehat seperti tidak teraturnya jam tidur, kebiasan mengkonsumsi yang mengandung kafein contohnya kopi dan rokok, serta kebiasaan bergadang.

Inilah akibat yang dapat timbul bila seseorang mengalami kekurangan jam tidur :
1. Menguap parah
2. Mudah lupa
3. Sakit atau nyeri pada otot
4. Kepala menjadi pusing
5. Mudah marah
6. Penurunan kognitif, dan masih banyak lagi
Itulah beberapa dampak bila manusia mengalami kekurangan pada jam tidurnya, maka jangan disepelekan situasi seperti itu bila tidak ingin situasi tersebut bisa saja memburuk.

Cara mengatasi insomnia :

  1. Hindari mengkonsumsi kafein dan rokok, sebagian orang mungkin menganggap mengkonsumsi kopi di pagi hari adalah hal yang baik, namun mengkonsumsi kopi ketika akan memulai waktu jam tidur malam  adalah hal yang dapat membuat anda kesulitan untuk tidur, serta jgn merokok yaa di saat mau tidur itu juga dapat mempersulit anda.
  2. Aturlah jadwal tidur anda, rutinitas ini akan sangat membantiu anda membuat tubuh dan otak tetap pada siklus bangun dan pergi untuk tidur yang sangat sehat.
  3. Olah raga secara teratur, dapat meningkatkan kualiyas tidur anda, selama melakikan olah raga tidak lah dekat dengan waktu jam tidur anda. Energi yang anda dapat dari berolah raga dapat membuat nada tetap terjaga tidurnya.
  4. Hindari melihat ke arah jam,  bila selalu melihat jam yang ada dikamar tidur anda akan merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum kesibukan anda di pagi hari nanti akan menanti.
  5. Relaksasikan pikiran anda sebelum memulai tidur, redakan emosi dan pikiran anda dan bila perlu dengarkan musik.
  6. Bersihkan tempat tidur secara teratur, aktivitas ini sangatlah membantu anda untuk dapat segera tidur, jika tidak anda akan merasi risih sendiri dengan kondisi tempat tidur anda yang kurang bersih dan membuat anda sulit untuk memulai tidur.
  7. Berbaringlah di tempat tidur dengan posisi yang anda anggap nyaman.
  8. Hindarilah makan terlalu banyal bila akan memulai jam tidur di malam hari.
  9. Minumlah susu hangat saat akan mau memulai jam tidur di malam hari.
  10. Gunakan obat tidur sesuai anjuran resep dari dokter.
  11. Segera konsultasikan ke dokter bila anda benar-benar merasa tidak nyaman dengan situasi yang anda alami yaitu kesulitan untuk tidur.
  12. Mandi atau berendam air hangat 30 menit ataupun 1 jam sebelum memulai jam tidur.
  13. Hindari cahaya pada saat akan memulai tidur, karena cahaya sangat mempengaruhi proses produksi hormon melatonin. Cahaya yang terang benderang akan menghambat proses produksinya hormon tersebut, dan tidak adanya cahaya (gelap) akan sangat membentu proses produksi hormon melatonin. Sebisa mungkin matikan televisi ketika akan memulai tidur malam, komputer, lampu, dan peralatan sumber cahaya lainnya.

Sekian tips mengatasi masalah kesulitan tidur atau sering di sebut dengan insomnia, perlu di ingat tidur merupakan kebutuhan wajib tubuh manusia untuk pertumbuhan dan membantu memperbaiki fungsi organ yang mengalami gangguan. Selamat mencoba tips dari saya, semoga dengan melakukan tips diatas sangat membantu anda untuk tidur malam 🙂

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Mengatasi Insomnia

  1. Tan says:

    saya mengalami insomnia sudah sejak lama,, dalam sehari saya hanya tidur 2-4jam saja dan seminggu sekali saya bisa tertidur selama 15-18jam,, apa mungkin hal tersebut akibat dari kesibukan sehari-hari saya? bila secara terus menerus seperti itu dampak apa yang akan terasa pada kesehatan saya di hari tua nanti? terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s